Saturday 1 December 2012

Penyebab Pikun Di Usia Muda


 Stres berat dan depresi dibiarkan
Depresi berkepanjangan dan tidak dirawat akan menyebabkan seseorang menjadi pelupa karena kemampuan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasinya terganggu. Demikian pula halnya dengan stress bersifat traumatik atau hal menyebabkan kecemasan teramat sangat dapat mengganggu fungsi memori seseorang seperti putus cinta, gagal ujian nasional atau perlakuan berbeda dalam sebuah keluarga.

Percaya diri adalah penetral untuk melawan rasa tidak berdaya kerap timbul saat mengalami stress. selain itu olahraga juga terbukti manjur mengatasi stress karena dengan berolahraga membuat kita merasa enjoy sebab saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan endorin (zat pereda rasa nyeri dan sakit).

Bila ada teman atau keluarga mengalami depresi atau stres berat coba pahami mereka melalui pendekatan empatik. Jangan menghakimi atau memojokkan. Coba posisikan diri kita seperti mereka, dan dengarkan keluhan mereka. Namun sekiranya kita tidak mampu coba cari bantuan profesional.
Jarang mengasah kemampuan otak
Seiring berjalannya waktu, orang dalam usia muda yg jarang mengasah kemampuan otak akan mengalami kemunduran daya ingat dibandingkan dengan mereka yang tetap aktif. Jadi tingginya minat belajar akan membuat Anda melakukan kebiasaan mengingat secara terus-menerus seperti membaca, menghafal, bermain catur atau belajar suatu keterampilan baru. Aktifitas-aktifitas mental ini diyakini dapat mempertahankan kemampuan otak.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews