Monday 22 April 2013

macam macam tari yang ada di indonesia


TARI PENDET
  pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (? - 1967).

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis.
Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.
Tari putri ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada Tari Rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan. Biasanya ditampilkan setelah Tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, cawan, dan perlengkapan sesajen lainnya.



tari kecak


adalah pertunjukan seni cocok untuk bersantai diBali Yang diciptakan FUNDS years 1930-an Dan dimainkan terutama laki-laki Oleh. Tarian Suami dipertunjukkan Oleh BANYAK (Puluhan atau lebih) Penari laki-laki Yang Duduk berbaris melingkar Dan Artikel Baru irama tertentu menyerukan "cak" Dan Mengangkat kedua Lengan, menggambarkan Kisah Ramayana SAAT Barisan Kera membantu Rama Melawan Rahwana . Namun demikian, Kecak berasal Bahasa Dari ritualsanghyang , yaitu Tradisi Humanitarian Yang Akan penarinya berada FUNDS kondisi tidak Sadar [1] , melakukan KOMUNIKASI Artikel Baru tuhan atau roh para leluhur Dan kemudian menyampaikan harapannya kepada-Harapan 'masyarakat.
Para Penari Yang Duduk melingkar nihil mengenakan kain kotak Negara-kotak Negara seperti PAPAN catur melingkari Pinggang mereka. Selain para Penari ITU, ADA pula para Penari Lain Yang memerankan Tokoh-Tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta , Rahwana, Hanoman , Dan Sugriwa.
Lagu tari Kecak diambil Bahasa Dari ritual Humanitarian sanghyang. Selain ITU, tidak digunakan Alat Musik. Hanya digunakan kincringan Yang dikenakan FUNDS kesemek Penari Yang memerankan Tokoh-Tokoh Ramayana. 
Sekitar years 1930-an Wayan Limbak BEKERJA sama Artikel Baru pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan Tradisi Sanghyang Dan BAGIAN-BAGIAN Kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari Suami SAAT berkeliling Dunia Bersama rombongan Penari Bali-nya

Tari Piring
Tari Piring atau Dalam, bahasa Minangkabau disebut Tari Piriang Artikel Baru adalah salat Satu seni tari tradisonal di Minangkabau Yang berasal bahasa Dari kota Solok , provinsi Sumatera Barat . Tarian dimainkan inisial Artikel Baru menggunakan Piring sebagai Media Utama. Piring-Piring nihil kemudian diayun Artikel Baru Gerakan-Gerakan CEPAT Yang teratur, terlepas Tanpa Bahasa Dari genggaman Tangan [1] .

[ sunting ]Sejarah

FUNDS awalnya, tari inisial merupakan ritual Ucapan rasa Syukur 'masyarakat setempat kepada dewa-dewa Penghasilan kena pajak mendapatkan HASIL Panen Yang melimpah ruah. Ritual dilakukan Artikel Baru membawa sesaji Dalam, bentuk MAKANAN Yang kemudian diletakkan di Dalam,Piring sembari melangkah Artikel Baru Gerakan Yang Dinamis [2] .
Penghasilan kena pajak masuknya Agama Islam Ke Minangkabau , Tradisi tari Piring tidak Lagi digunakan sebagai ritual Ucapan rasa Syukur kepada dewa-dewa [3] . Akan tetapi, tari nihil digunakan sebagai Sarana hiburan * Bagi 'masyarakat BANYAK Yang ditampilkan FUNDS Acara-Acara keramaian.

[ sunting ]Gerakan

Gerakan tari Piring FUNDS umumnya adalah meletakkan doa buah Piring di Atas doa Telapak Tangan Yang kemudian diayun Dan diikuti Oleh Gerakan-Gerakan tari Yang CEPAT, Dan diselingi dentingan Piring atau dentingan doa cincin di jari Penari terhadap Piring Yang dibawanya. FUNDS Akhir Humanitarian, biasanya Piring-Piring Yang dibawakan Oleh para Penari dilemparkan Ke Lantai Dan kemudian para Penari Akan Menari di Atas pecahan-pecahan Piring nihil 
Tarian Suami diiringi Oleh Alat Musik Talempong Dan Saluang . Number Penari biasanya berjumlah Ganjil Yang terdiri Bahasa Dari Tiga sampai Tujuh orangutan. Kombinasi musik Yang CEPAT Artikel Baru Gerak Penari Yang begitu lincah membuat Pesona Tari Piring begitu menakjubkan. Pakaian Yang digunakan para penaripun haruslah Pakaian Yang Cerah, Artikel Baru Nuansa Warna merah kuning keemasan





1 comments:

Anonymous said...

dikit bet gan
{{{{{{{

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews