Wednesday 24 April 2013

Perjuangan Pemuda Miskin (cerita dari Aceh)

Perjuangan Pemuda Miskin

     Dahulu,di sebuah  gubuk kecil pada tengah sawah,tinggalah seorang janda miskin dengan anaknya yang bernama Banta Barensyah.Dinding gubuk itu terbuat dari bambu dan beratap ilalang.Pakaianya sudah bertambal tambal dan hanyalah yang melekat di badanya saja.
     Untuk menyambung hidup,sehari hari janda itu menampi sekam di sebuah kincir padi.Kadangkala janda ini menfapat segenggam atau dua genggam beras.Beras inilah yang ditanak di gubuk.Banta membantu ibunya mengumpulkan sekam yang belum ditampi.
      Sebenarnya Ibu Barensyah mempunyai serang saudara yang kaya raya,jakub namanya.Jakub  seorang saudagar yang sangat kaya di kampung itu.namun sayang dia loba dan tamak.
    Banta bermaksud pergi ke rumah pamanya,Jakub
    "Jangan anaku,dia sudah tidak mau mengakuikita sebagai saudara"Ibunya memperingatkan
    Tapi Banta tetap juga berangkat.Harapanya semoga pamanya itu masih punya belas kasihan dan memberinya beras barang segenggam atau dua gengam.
    Namun begitu sampai di halaman rumah,Jakub sudah menghardik banta.
    "Mau apa kaudatang kemari?"
    "Kami lapar paman,berilah kami sedikit beras."
    "Dasar keluarga pemalas,tidak malu jadi pengemis,pergi sana"Bentak Jakub
    "Paman"
    "Sudah pergi sana."hardik Jakub sambung dengan ucapan ucapanya yang pedasdan menyakitkan               hati.Banta pulang dengan hati kecewa.
    Syahdan,ada sebuah negeri letaknya tidak begitu jauh dengan tempat tinggal Banta.Negeri itu diperintah oleh raja yang adil dan bijaksana.Karena sikapnya ini ia dicintai oleh segenap rakyatnya.
    Baginda mempunyai seorang putri cantik bernama Putri Terus Mata.Dinamakan demikian karena putri sangat cerdas,seolah pandanganya mampu menembus segala sesuatu
    Sudah banyak para pangeran dan raja yang ingin melamar putri Terus Mata,namun semua ditolak secara halus.Ia hanya berkata bahwa pria yang diterima sebagai calon suaminya adalah pria yang dapat memberinya pakaian emas dan suasa.
    Kabar ini segera tersebar ke seluruh negeri.Banta juga mendengarnya.Ia ingin mengadu untung.Siapa tahu nasibnya akan berubah lebih baik.
     Niat itu didukung oleh ibunya.
     "tapi nak.........aku tak dapat memberitahumu apa apa," kata ibunya dengan derai mata.
     "Hanya doa yang saya perlukan dari ibu doakanlah anakmu danrelakanlah pergi merantau"
      Esok harinya setelah mencium tangan ibunya,Banta berangkat menuju rumah Jakub.Ia membawa daun talas dan seruling.
    "mau apa kau datang kemari?"tanya Jakub
     "Paman mohon ijinkan saya ikut dengan berlayar kapal Paman.Nanti bila sampai di tengah lautan saya akan turun"Jawab banta.
    Jakub setuju,dengan turun di tengah lautan anak itu akan mati,pikirnya.Dan tidak merasa malu mempunyai keponakan yang miskin.
    Demikianlah setelah sampai di tengah lautan Banta minta diturunkan,sebab dia ingin meneruskan perjalan ke arah barat sedangkan pamanya berjalan ke arah utara.
   "Dasar anak malas,baiknya kau mati di tengah lautan!"kata Jakub dengan rasa geram.Ia masih belum mengerti apa maksud keponakanya.
   Banta duduk di atas talas.Bergeraklah daun talas itu dihempas gelombang.Dengan bantuan angin sampailah Banta di ttempat yang dituju.Di negeri ajaib ini ia mencari para tukang tenun.Dengan susah payah dia bertemu dengan rumah si tukang tenun yang terdiri dari tujuh orang putri pandai tenun.Masing masing itu mempunyai ruangan tenun sendiri sendiri.
   Dengan sopan ia menemui tujuh pengawal dan menyampaikan maksudnya,kemudian barulah ia bertemu dengan si pandai tenun.
   Sekali pandang ia tahu bahwa Banta hanyalah orang miskin."Anak muda,dengan apa kau bayar pakaian itu kelak?"
   Banta tersipu malu"saya memang tidak punya uang tapi,bolehkah saya membayarnya dengan lagu."
   "Dengan lagu?"gumam si pandai tenun
   "Tapi,baiklah,kau boleh coba memainkan serulingmu dulu"
   Banta meniup serulingnya dengan lagu lagu yang merdu.Demikian merdunya hingga si tukang tenun merasa puas,lalu dia mempersilahkan Banta untuk memilih pakaian yang diinginkan.Namun pakaian yang dicari tidak ada.
    Banta pergi ke tukang tenun kedua,ketiga,dan keempat namun pakaian emas dan susanya tidak ditemukan.Hampir putus asa,namun pada pandai tenun ketujuh ia memperoleh pakaian yang dicarinya.Betapa gembiranya hati Banta.Ia segera menyimpan pakaian itu di serulingnya.Setelah mengucapkan terima kasih ia segera pamit meninggalkan pandai tenun yang ketujuh.
    Dengan hati riang gembiraia berlayar dengan daun talas ajaibnya.seekor burung elang mengikuti perjalanaya di atas udara.Di tengah laut ia bertemu dengan kapal pamanya.Ia berteriak minta izin menumpang.Kaget dan heran jakub melihat keponakanya masih hidup.Ia sebenarnya tidak mau ditumpangi Banta, namun ketika melihat sebuah benang berkilat yang tersumbul di lubang seruling, ia perintahkan anak buahnya untuk mengangkat Banta ke atas kapal.
    Begitu Banta sampai di geladak kapal,seruling itu langsung dirampas oleh Jakub.Sementara anak buah Jakub yangtelah diberi kode segera melemparkan Banta ke laut.
    Dengan penuh rasa penasaran,Jakub menarik benang seruling,seketika terjurailah pakaian yang menyilaukan mata karenaterbuat dari emas dan suasa.
    "hahahaha..... dasar nasibku memeang mujur!"kata Jakub.
    "Akulah yang akan menjadi suami Putri Terus Mata"
    Banta yang dilempar ke laut di tepi pantai.Ia ditemukan oleh sepasang suami istri pencari lokan.mereka segra membawa Banta pulang ke rumahnya
    Setelah beberapa hari tinggal di rumah sepasang suami istri itu, dia minta izin
    Terima Kasih atas pertolongan kalian,saya tidak tahu dengan apa harus membalasnya kelak.Sekarang izinkan saya menengok ibu saya yang sudah tua."
    "Banta,kau tak usah merasa berhutang budi,asal kau masih mau mengakui kami sebagai orang tua angkat kami"
    Upacara akad nikah antara jakub dengan putri raja hampir dimulai.Tiba tiba dari udara terdengar bunyi burung elang berulang ulang

   
   "Jakub curang klik........klik..........klik............. baju itu bukan miliknya tapi milik Banta,klik.........klik.... klik..............."Semua orang terkejut mendengar suara burung ajaib itu.Seketika wajah Jakub menjadi pucat karena malu.Sementara itu Banta sudah datang menghadap Baginda raja.
    "Benarkah baju emas itu milikmu?"Tany baginda
    "Benar baginda.......Paman Jakub telah merampasnya dari tangan hamba"
    Tubuh Jakub menggigil karena takut dan malu.Ia melompat ke jendela dan melarikan diri.Sore itu juga Banta dinikahkan dengan Putri Terus Mata. Pernikahan itu dirayahkan dengan pesta yang meriah selama beberapa hari.Ibu Banta turut diundang ke Istana,diberi pakaian bagus dan indah-indah.Seisi Istana bergembira ria.
    Banta dan Putri Terus Mata hidup berbahagia sebagai  suami istri.Pada suatu hari,karena merasa usianya sudah terlalu tua bagibda mengundurkan diri,Ia menyerahkan jabatanya kepada Banta.
    Jakub yang telah menyianyiakan Banta dan ibunya kinimerasa sangat malu.Ia bermohon agar mendapat hukuman sesuaidengan dosanya.Seketika itu juga Jakub menjadi batu


cerita dari Aceh


1 comments:

Anonymous said...

Ada cerita lain lagi ga.......

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews